Artikel/Berita

image Download | image Print | image Email

Bahan Habis Pakai

Ditulis Oleh: kapten

Berikut adalah bahan yang digunakan untuk teknik  dorsusisi dan guelotin
                                        

Benang
Benang yang dipakai dalam ligasi ataupun hekting adalah absorbable atau yang dapat diserap. Yang sering dipakai adalah benang cat gut (plain cat gut). Dahulu benang ini dibuat dari usus kucing (cat = kucing, gut = usus). Sekarang dibuat dari sub mukosa/usus domba atau sapi. Cat gut dapat bertahan sampai terjadi absorpsi sekitar 10 hari. Penjahitan dengan cat gut ini secara mikroskopis banyak sekali menimbulkan reaksi radang di sekitar tempat jahitan.

Terdapat juga cat gut yang telah diolah dengan asam kromat, yang disebut Chromic Cat gut. Reaksi radang yang ditimbulkan jauh lebih rendah. Absorbsi hasil olahan ini lebih lama jika dibandingkan plain cat gut, yaitu sekitar 21 hari.

Ukuran yang digunakan adalah 5.0, 4.0, 3.0 tergantung besar dan kecilnya penis. Benang ini dikemas berupa gulungan dalam kotak sepanjang 100 m dan dipotong seperlunya. Ada juga benang yang langsung dengan jarumnya, dengan panjang sekitar 30 cm.

IMG_0355

Benang absorbable
Benang yang bersatu langsung dengan jarumnya relatif kurang traumatik jika dibandingkan dengan jarum yang  terpisah dengan benangnya. Ini disebabkan pada jarum yang terpisah mempunyai ujung, tempat
memasukkan benang yang biasanya lebih lebar daripada badan jarumnya sendiri. Selain itu, jarum ini umumnya digunakan berkali-kali sehingga ketajamannya berkurang.
IMG_0205.JPG
Cara mengambil benang
IMG_0206.JPG

 

Kasa Steril
Kasa yang digunakan adalah kasa steril yang bisa dibeli di apotek karena banyak dijual dalam kemasan kotak. Kita dapat pula membeli kasa gulungan. Kasa gulungan ini kemudian dipotong dan dilipat dengan ukuran seperlunya kemudian disterilkan dengan autoklaf atau menggunakan tablet atau serbuk formalin yang disimpan secara campur dengan kasa dalam wadah tertutup sekurang-kurangnya 24 jam.

DSCF0139
Tromol untuk kasa

Duk Bolong

Duk ini berukuran sekitar 40 x 40 cm dengan lubang di tengahnya berdiameter 6 sampai 10 cm. Duk ini berguna untuk memperluas zona steril. Duk dapat dibuat dari bahan katun atau kertas serap kemudan disterilkan.

Tulle
Tulle merupakan benang-benang yang tersusun seperti jala dengan ukuran 10 x 10 cm yang dilumuri salep antibiotik framycetin sulfat BP 1% [soframisin]. Tulle dipakai sebagai balutan tepat pada daerah insisi. Selain berfungsi sebagai antibiotik, tulle juga berguna merangsang proses granulasi dan untuk memudahkan saat melepas balutan.

DSC04046DSCN1552
Tulle dalam kemasan dan yang sudah dibuka

 

Plester
Plester digunakan untuk fiksasi balutan.

DSC04045
Plester dengan berbagai macam bentuk dan ukuran

 

Balutan Kedap Air
Berupa lapisan film tipis, transparan elastis sehingga mudah menyesuaikan dengan bentuk luka. Keuntungannya adalah luka terhindar dari kontaminasi post op, jika ada perdarahan dengan mudah  terlihat. Kerugiannya adalah evaporasi terganggu sehingga mempertinggi kelembaban daerah luka.

Mediawebserver

      Balutan film transparan kedap air

Obat Anestesi

Obat anestesi yang banyak digunakan adalah lidokain HCl 2%. Sediaan terdapat dalam ampul 2 mL atau vial 50 mL. Untuk anestesi infiltrasi dapat diencerkan sampai 0,5% dengan aquabides. Dapat pula lidokain dicampur dengan markain dengan perbandingan 1:1.

DSC04048DSC04058
Lidokain dalam ampul dan vial

DSC04052
Sediaan obat anestesi dalam vial dan flakon

Larutaan Antiseptik
    Dipilih salah satu dari antiseptik berikut :

Povidon Iodin 10%
Povidon Iodin merupakan kompleks iodium dengan polyvinylpirolidone yang relatif tidak merangsang dibandingkan dengan iodin, larut dalam air dan mempunyai daya kerja lebih lama dari iodium, berguna sebagai antiseptik kulit maupun mukosa. Sebelum dilakukan tindakan operasi, perlu ditunggu sekitar 2 menit untuk menjadi iodium bebas. Hati-hati karena pada beberapa orang dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi terutama di kulit skrotum.Sesudah khitan selesai segera bersihkkan dengan NaCl 0.9 % atau akuades.

Alkohol 70%
Alkohol merupakan bakterisid yang kuat dan cepat, baik untuk gram negatif ataupun gram positif tetapi bersifat non-sporosidal. Alkohol bekerja melalui koagulasi protein dinding sel bakteri. Konsentrasi optimum sebagai antiseptik adalah 70%.

Chlorhexidine gluconate
Savlon digunakan untuk keperluan antiseptik pembersih dan hanya digunakan untuk pemakaian luar.  Savlon  antiseptik  sebaiknya tidak digunakan secara langsung pada mata, otak, meningen, telinga tengah, serta tidak digunakan untuk rongga tubuh. Untuk penggunaan secara umum larutkan 60-90 mL dalam 1 sampai dengan 1,5 L air.

Triklosan
Triklosan memiliki aktivitas antimikroba yang cukup baik terhadap Staplylococcus aureus sehingga penggunaan triklosan 2% sebagai larutan untuk memandikan penderita kelainan kulit methicilin resistant Staphylococcus aureus (MRSA) sangat dianjurkan. Sebaliknya triklosan memiliki aktivitas antimikroba yang relatif rendah terhadap bakteri gram negatif, fungi, dan micobacterium. Triklosan (trichloro-hydroxy-diphenyl ether) adalah agen antimikrobial yang banyak digunakan pada detergen, sabun, shampo , deodoran seta kosmetik dengan konsentrasi penggunaan di bawah 0,5%.

 

Sarung tangan
Sarung tangan steril digunakan agar lapangan operasi tetap steril. Selain itu, penggunaan sarung tangan steril juga ditujukan untuk melindungi operator dari penyakit yang ditularkan melalui darah yang mungkin diderita oleh pasien yang dikhitan. Ukurannya tergantung kepada operator dan asisten, biasanya berkisar antara ukuran 6 dan 7 ½. Sarung tangan yang dibutuhkan minimal 2 pasang.

IMG_0374
Sarung tangan steril

 

 

Spuit (disposable syringe)
Ukuran yang dipakai sebaiknya 2,5 cc, 3 cc,atau 1 cc dengan ukuran jarum 23 G 11/4 atau yang lebih kecil lagi,yaitu ukuran 27 G ½.

Spuit

 

Kelengkapan Ruangan

Kelengkapan ruangan yang diperlukan untuk tindakan sirkumsisi antara lain :

  1. Tempat tidur atau bed yang cukup nyaman
  2. Lampu penerangan yang cukup
Tempat sampah diletakkan di pinggir bawah meja operasi

 

 

Diposkan Jumat - 29-03-2013, Artikel

Artikel Terkait

Informasi Terbaru

Berita Terbaru